13 Alasan Kenapa Website Tidak Terindex Google Webmaster

13 Alasan Kenapa Website Tidak Terindex Google Webmaster
13 Alasan Kenapa Website Tidak Terindex Google Webmaster

Beberapa Alasan Kenapa Google Tidak Mengindeks Website atau blog Anda. Mengapa ini bisa terjadi? Mungkin ini jadi pertanyaan bagi beberapa pemilik website yang baru saja melaunching websitenya dan juga mungkin baru pertama kali memiliki website.

Indeks merupakan fitur SEO yang paling penting sepanjang masa. Karena Google harus mengindeks situs Anda agar situs Anda mendapatkan lalu lintas organik dari Google. Jika situs Anda tidak diindeks, itu sama seperti website yang mati. Dan tidak ada yang akan menemukan konten Anda secara organik, karena ini bukan bagian dari indeks pencarian Google.

Jika website Anda mengalami hal tersebut maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memperbaiki masalah pengindeksan dengan mendiagnosis masalah pengindeksan. Berikut adalah beberapa cara yang akan membantu Anda melakukan perbaikan untuk masalah pengindeksan dengan menemukan penyebab dan perbaikan pada website Anda. Langsung saja simak 13 Alasan Kenapa Website Tidak Terindex Google Webmaster

1. Website Anda Terindex di bawah Domain www atau Non-www

Secara teknis www adalah subdomain. Jadi https://example.com tidak sama dengan https://www.example.com. Pastikan Anda menambahkan kedua URL website tersebut ke akun GSC (Google Search Console) Anda untuk memastikan bahwa keduanya diindeks. Dan pastikan untuk menetapkan salah satu domain pilihan Anda, namun untuk verifikasi kepemilikan harus keduanya.

2. Google Belum Menemukan Situs Anda

Hal ini biasanya terjadi pada website baru. Jika memang website Anda masih baru, biarkan beberapa hari sampai Google mengindeks website Anda, namun jika Google masih belum mengindeks situs Anda, pastikan peta situs atau sitemap Anda diunggah dan berfungsi dengan baik dan benar. Jika Anda belum membuat atau mendaftarkan sitemap Anda, ini bisa menjadi alasan kenapa Google belum mengindeks website Anda. Anda juga harus meminta Google untuk merayapi dan mengambil situs Anda. Berikut adalah petunjuk Google tentang cara untuk mensubmit sitemap ke GSC:

Di Beranda Webmaster Tools, klik website yang Anda inginkan. Di Dasbor, Pilih menu “Perayapan”, pilih “Fetch as Google”. Di kotak teks, ketik URL halaman yang ingin Anda periksa. Dalam daftar drop-down, pilih Desktop. (Anda dapat memilih jenis halaman yang lain, namun saat ini kami hanya menerima kiriman untuk indeks Pencarian Web kami.) Klik tombol “Ambil” dan Google akan mengambil URL yang Anda minta. Mungkin butuh waktu hingga 10 atau 15 menit agar status Ambil tersebut diperbarui.Setelah melihat status Ambil “Berhasil”, klik Kirim ke Indeks, lalu klik salah satu dari berikut ini:

Untuk mengirimkan URL individual ke indeks Google, pilih URL lalu klik Submit. Anda dapat mengirimkan hingga 500 URL dalam seminggu dengan cara ini.

Untuk mengirimkan URL dan semua halaman yang ditautkan, klik URL dan semua halaman yang terhubung. Anda dapat mengirimkan hingga 10 permintaan ini dalam sebulan.

3. Website atau Halaman diblokir Dengan robots.txt

Masalah lain adalah pengembang atau editor Anda telah memblokir situs tersebut menggunakan robots.txt. Ini merupakan perbaikan yang mudah karena Anda hanya perlu menghapus entri dari robots.txt, dan website Anda akan muncul kembali di indeks.

4. Website Anda Tidak Memiliki sitemap.xml

Setiap website harus memiliki peta situs atau sitemap.xml, yang merupakan daftar petunjuk sederhana yang harus diikuti Google untuk mengindeks website Anda. Anda dapat membaca tentang kebijakan Peta Situs Google, dan mendaftarkannya sehingga Google dapat dengan mudah merayapi situs Anda.

5. Anda memiliki Crawl Yang Error

Dalam beberapa kasus, Google tidak akan mengindeks beberapa halaman di situs Anda karena tidak dapat merayapinya. Meski tidak bisa merayapinya, tapi Google masih bisa melihat tersebut.

Untuk mengidentifikasi kesalahan perayapan ini, buka

Google Webmaster ToolsPilih Website AndaKlik “Crawl”Klik “Crawl Errors”

Jika Anda memiliki kesalahan, yaitu, halaman yang tidak diindeks, Anda akan melihatnya dalam daftar “1.000 halaman teratas dengan kesalahan.”

6. Website Anda Memiliki Banyak Duplikat Konten

Terlalu banyak konten duplikat di situs dapat membingungkan mesin pencari Google dan membuat mesin pencari menyerah pada pengindeksan website Anda. Jika beberapa URL di situs Anda mengembalikan konten yang sama persis, maka Anda memiliki masalah konten duplikat di situs Anda. Untuk memperbaiki masalah ini, pilih halaman yang ingin Anda simpan dan hapus yang halaman dengan konten yang sama atau perbaiki isi halaman tersebut sehingga tidak sama dan tidak terindikasi sebagai duplikat konten.

7. Anda telah mengaktifkan pengaturan privasi Anda

Jika Anda pengguna situs WordPress, Anda mungkin tidak sengaja mengaktifkan pengaturan privasi sehingga mesin pencari tidak dapat mengindeks website Anda.

8. Website diblokir oleh .htaccess

File .htaccess Anda adalah bagian dari keberadaan situs Anda di server, yang memungkinkannya tersedia di world wide web. File .htaccess ditulis di Apache, dan meskipun file .htacess sangat penting tapi Anda juga harus memeriksa file ini karena .htacess dapat digunakan untuk memblokir crawler dan mencegah pengindeksan.

9. Website Memiliki NOINDEX dalam Meta Tag

Noindex adalah cara yang dapat digunakan untuk mengatakan “tidak” kepada robot mesin pencari untuk tidak melakukan pengindeksan, Jadi pastikan Anda memeriksa website Anda apakah ada tag “noindex” dalam website Anda, biasanya terlihat seperti ini:

<META NAME=”ROBOTS” CONTENT=”NOINDEX, NOFOLLOW”>

Untuk memperbaiki masalah ini, tentu Anda hanya perlu menghapus baris kode ini, dan website Anda akan kembali di indeks dalam waktu singkat oleh mesin pencari.

10. Anda Memiliki Masalah AJAX / JavaScript

Google melakukan indeks pada JavaScript dan AJAX. Tapi bahasa ini tidak mudah diindeks oleh mesin pencari seperti halnya HTML. Jadi, jika Anda salah mengonfigurasi halaman AJAX dan eksekusi JavaScript Anda, Google tidak akan mengindeks halamannya.

11. Website terlalu lambat ketika dimuat

Google tidak suka jika situs Anda membutuhkan waktu lama untuk memuat. Jika perayap menemukan waktu muat yang tidak selesai-selesai, kemungkinan tidak akan mengindeks website Anda sama sekali. Jadi pastikan Anda mengoptimalkan website Anda agar dimuat lebih cepat.

12. Website Anda sedang atau sering mengalami Down

Jika crawler tidak dapat mengakses website Anda, mereka tidak akan mengindeksnya. Ini cukup jelas, tapi mengapa itu terjadi? Periksa konektivitas Anda. Jika hosting Anda sering mengalami gangguan atau hosting sering mengalami down, bisa jadi website Anda tersebut tidak dijelajahi. Jika memang ini masalah utama Anda, maka saatnya untuk beralih untuk menggunakan layanan hosting baru yang lebih bagus dan berkualitas.

13. Website Anda Mungkin Mengalami De-index

Masalah yang terakhir ini bisa menjadi hal yang benar-benar buruk untuk website Anda. Karena deindex merupakan hukuman dari Google dan website Anda dikeluarkan dari indeks. Dan untuk mengatasi masalah ini tentu sangatlah sulit, bahkan bisa dipastikan website Anda akan sulit mendapatkan indeks kembali. Jadi usahakan untuk memperbaiki website Anda secara total, dan mengajukan kembali pada Google agar mendapatkan ampunan.

Itulah beberapa alasan yang menjadikan website Anda tidak mengindeks oleh mesin pencari Google. Silahkan periksa semua beberapa kemungkinan penyebab dari daftar diatas dan segera perbaiki agar situs Anda dapat di indeks oleh Google dan mendapatkan pengunjung organik.

0 Response to "13 Alasan Kenapa Website Tidak Terindex Google Webmaster"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel